Kamis, 23 Desember 2021

Jangan Panic Buying, Pertamina Pastikan BBM Jelang Natal-Tahun Baru Aman

 


PT KP Press - PT Pertamina (Persero) mengimbau masyarakat tetap tenang menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan LPG sesuai kebutuhan serta tidak membeli secara berlebihan. Sebab pasokan BBM dan LPG aman dan mencukupi.
Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menjelaskan imbauan tersebut dilakukan untuk menanggapi sebaran berita yang meminta masyarakat mengisi penuh BBM mulai tanggal 29 Desember 2021 hingga 7 Januari 2022.

"Kami tegaskan bahwa informasi tersebut adalah hoax, tidak benar dan menyesatkan. Kami berharap masyarakat tidak melakukan panic buying, karena kami yakin seluruh pekerja Pertamina tetap mengedepankan kepentingan umum dan dapat bersama-sama menjaga kondusivitas dan kelancaran operasional," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (23/12/2021).

Menurut Fajriyah, Pertamina telah memiliki Satgas Natal dan Tahun Baru dan dilengkapi dengan PICC (Pertamina Integrated Command Center) yang melakukan monitoring 24 jam. Mereka juga akan menjalankan kegiatan pengamanan ketersediaan dan distribusi BBM dan LPG, termasuk berkoordinasi dengan Pemda dan pihak aparat.

Ia menuturkan, Satgas Nataru 2021 akan melibatkan Direksi Pertamina maupun Direksi Sub Holding terkait. Termasuk General Manager di seluruh daerah untuk memastikan kesiapan dan pengamanan distribusi BBM dan LPG. Mulai dari kesiapan armada, build up stock di seluruh region, monitoring distribusi, hingga kesiapan dan keselamatan para pekerja yang bertugas.

"Pertamina juga memiliki pola distribusi RAE (reguler, Alternatif dan Emergency) untuk mengantisipasi kondisi emergency. sehingga pertamina tetap memastikan ketersediaan BBM dan LPG di seluruh wilayah," tambahnya.

Langkah antisipasi menjelang Nataru, Pertamina telah menyiapkan 114 terminal BBM, 23 terminal LPG, 68 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU), lebih dari 7.400 SPBU. Selain itu juga disiapkan seluruh rantai distribusi LPG mulai dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBBE) hingga agen dan pangkalan LPG baik yang subsidi maupun non subsidi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Disiapkan pula layanan dan fasilitas tambahan, seperti 1.077 SPBU Siaga di jalur reguler, 63 SPBU Siaga di jalur tol, 218 Motoris atau armada Pertamina Delivery Service (PDS), dan 144 titik kantong BBM SPBU.

Kemudian 34 unit Pertashop atau SPBU modular, lalu lebih dari 48 ribu agen dan pangkalan LPG Siaga, layanan di 68 DPPU juga akan terus siaga memenuhi kebutuhan Avtur bagi seluruh maskapai penerbangan.

"Dengan kesiapan ini, kami berharap masyarakat dapat menikmati liburan Natal dan Tahun Baru dengan tenang bersama keluarga," pungkasnya. - PT KP Press

Sumber : detik.com

Selasa, 21 Desember 2021

Lucu... Ini Candaan Pilot tentang Membuka Jendela Pesawat Saat Takeoff

 


PT Kontak Perkasa - Ada saja pertanyaan netizen yang bersifat ambigu. Ini jawaban pilot saat ditanya "kenapa saat take off penutup jendela pesawat harus dibuka?" Jawabannya bikin ngakak!
Traveler yang sering naik pesawat tentu tidak asing dengan instruksi awak kabin yang mengingatkan agar membuka penutup jendela di saat pesawat akan landing maupun take off. Bahkan, awak kabin memastikan betul hingga menghampiri penumpang untuk membuka penutup jendela.

Ternyata alasannya adalah untuk keselamatan. Jadi saat pesawat take off atau landing, kita bisa melihat jika ada terjadi kebakaran, atau hal lain yang bisa membahayakan penerbangan.

Ya, merujuk Flight Safety, 80 persen kasus kecelakaan pesawat terjadi pada 11 menit krusial atau biasa disebut critical eleven. Critical eleven merupakan tahap krusial selama tiga menit setelah pesawat take-off dan delapan menit sebelum pesawat mendarat.

Dalam periode waktu tersebut, pesawat dalam kondisi rentan sehingga gangguan sekecil apapun akan berdampak besar terhadap keselamatan penerbangan.

Jika penumpang melihat sesuatu yang ganjal atau membahayakan bisa juga memberitahukan langsung ke awak kabin. Nanti awak kabin akan meneruskan ke pilot dan langsung mengambil tindakan.

Jendela harus di buka ? Waduh ##semogabermanfaat ##sampaiketemudilangitlangit♬ Squidville - Emmanuel
Baru-baru ini viral nih, video netizen yang bertanya kepada pilot tentang serba-serbi penerbangan. Salah satu pertanyaannya yang membuat kita membacanya harus dua kali adalah "Bang, kenapa pas takeoff atau landing jendela pesawat harus dibuka?"

Pemilik akun TikTok bernama M Rizky Fajar Toekan pun menjawab pertanyaan netizen ini dengan balik bertanya lagi. Dia pun membuka jendela pesawat di bagian pilot dan mengeluarkan kepalanya.

"Dibuka brey? Gimana ceritanya nih? Tuh, kapten gue aja ketawa brey.. Gini nih?" Rizky pun merekam tangannya membuka jendela kok pilot. "Begitu brey? Biar bisa foto?"

Dia pun kemudian memperlihatkan sebuah kertas bertuliskan 'Normal Checklist' dari salah satu pesawat Lion Air. lalu menyorotinya 'Windows' dan 'Locked'.

"Ditutup ya brey ya, jangan dibuka, kehisap ntar kita," jawabnya sambil tertawa.

Netizen pun mencoba meluruskan dalam kolam komentar maksud dari pertanyaan tersebut. Mereka pun mengatakan maksudnya adalah penutup jendela pesawat.

Dalam akun TikToknya, M Rizky Fajar Toekan sering membuat konten tentang serba-serbi dunia penerbangan. Sering juga dia menjawab prtanyaan netizen yang kepo dengan pesawat dan dunia penerbangan. Dalam akun Instagramnya tertulis jika dia seorang pilot.

Gimana menurut traveler? Terhibur nggak? Jangan terlalu serius ya.... - PT Kontak Perkasa

Sumber : detik.com

Senin, 20 Desember 2021

Tips dari Pramugari: Pilihlah Penerbangan Pagi

 


PT Kontak Perkasa Futures - Mantan pramugari Stella Connolly membagikan tips penerbangan. Dia bilang memilih waktu tertentu untuk terbang bisa menjadi kesempatan traveler untuk mendapatkan pelayanan lebih sip.
Stella pernah bekerja sebagai pramugari dari New York. Dia bilang penerbangan pagi merupakan penerbangan yang sebaiknya dipilih traveler.

"Penerbangan pagi hari adalah yang terbaik. Mereka hampir selalu tepat waktu," kata Stella.

"Kami ingin pulang atau mencapai tujuan kami sama seperti Anda. Kami lebih bahagia jika penerbangan take off tepat waktu," dia menjelaskan.

Penerbangan lebih awal tidak hanya berarti awak penerbangan masih lebih bugar, tetapi pesawat juga yang jauh lebih bersihdan cenderung tidak akan delay.

"Seiring berjalannya hari, jika satu penerbangan terlambat, itu adalah efek bola salju dan ada kemungkinan penerbangan yang lebih siang akan tertunda. Saya sarankan terbang lebih awal," dia menjelaskan.

Waktu delay penerbangan semakin meningkat dari pukul 06.00 dan seterusnya. Merujuk situs FiveThirtyEight menunjukkan penundaan penerbangan rata-rata hanya delapan menit pada pukul 06.00, sebelum mencapai 21 menit pada pukul 18.00.

Alasan lain terkait saran terbang lebih awal mengacu kepada data Laboratorium Badai Nasional. Kecenderungannya, badai petir lebih sering terjadi pada sore hari, yang menyebabkan turbulensi atau udara bergelombang dan perjalanan yang bergejolak. - PT Kontak Perkasa Futures

Sumber : detik.com

Jumat, 17 Desember 2021

Pukul 11.00 WIB: Rupiah Melemah ke Rp 14.385/US$

 


PT KP Press - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kembali ke zona merah pada perdagangan pasar spot hari ini, setelah melemah tipis 0,07% kemarin.
Pada Jumat (17/12/2021), US$ 1 dibanderol Rp 14.385 di pasar spot. Rupiah melemah 0,31% dibandingkan dengan penutupan perdagangan Kamis (16/12).

Berikut kurs dolar AS di pasar Non-Deliverable Forwards (NDF) pada pukul 9:54 WIB:



Periode    Kurs
1 Pekan    Rp14.378,6
1 Bulan    Rp14.409,2
2 Bulan    Rp14.454,6
3 Bulan    Rp14.498,0
6 Bulan    Rp14.648,0
9 Bulan    Rp14.791,6
1 Tahun    Rp14.949,6
2 Tahun    Rp15.550,7

Berikut kurs dolar AS di pasar Domestic NDF (DNDF) pada pukul 9:58 WIB:

Periode    Kurs
1 Bulan    Rp 14.405
3 Bulan    Rp 14.470

Berikut kurs jual beli dolar AS di sejumlah bank nasional pada pukul 9:51 WIB:

Bank    Harga Beli    Harga Jual
BNI    14.355    14.404
BRI    14.290    14.490
Mandiri    14.340    14.370
BCA    14.381    14.396
CIMB Niaga    14.366    14.381 - PT KP Press

Sumber : cnbcindonesia.com

Jumat, 10 Desember 2021

Dolar AS Pagi Ini Menguat Lagi, Begini Pergerakannya Sepekan

 


Kontak Perkasa Futures - Kurs dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah pagi ini menguat. Mengutip data RTI, Jumat (10/12/2021), dolar AS pagi ini bergerak di level Rp 14.335 alias naik 13 poin (0,09%) dibandingkan kemarin.
Jika dilihat selama sepekan terakhir, kurs dolar AS pagi ini masih dalam tren menurun. Sebelumnya mata uang Paman Sam sempat menguat hingga nyaris menyentuh Rp 14.500.

Dolar AS tercatat masih melemah 0,29% selama sepekan terakhir. Pergerakannya ada di rentang Rp 14.269-14.454.

Sementara dibandingkan selama sebulan terakhir, dolar AS masih menguat 0,72%. Pergerakannya ada di rentang Rp 14.171-14.454.

Meski unggul terhadap rupiah, dolar AS pagi ini mayoritas melemah terhadap mata uang lainnya. Mata uang Paman Sam tercatat tertekan oleh yuan China, dolar Australia, dan won Korsel.

Sementara rupiah pagi ini terpantau mayoritas terkoreksi oleh mata uang lainnya. Rupiah paling kuat tertekan oleh yuan China, dolar Australia, dan euro. - Kontak Perkasa Futures

 Sumber : detik.com

Jumat, 03 Desember 2021

Teori Terbaru, Omicron Kemungkinan Berevolusi pada Tikus

 


PT Kontak Perkasa - Munculnya varian Omicron B.1.1.529 mengejutkan para ilmuwan karena sangat beda dari varian COVID-19 lainnya. Teori terbaru menyebut, evolusi mungkin terjadi bukan pada manusia tetapi pada tikus.
Kemungkinan ini dideskripsikan sebagai reverse zoonosis, yakni virus Corona dari hewan meloncat ke manusia, lalu loncat lagi ke hewan. Diyakini, SARS-CoV-2 menular lagi ke hewan pada pertengahan 2020.

Berbagai mutasi terakumulasi pada hewan sejak saat itu, diyakini menular lagi ke manusia.

Dikutip dari Livescience, begitu berbedanya varian Omicron dibanding varian lain menjadi salah satu bukti yang mendukung teori ini. Demikian diungkap Kristian Andersen, peneliti imunologi dari Scripps Research Institute.

Dibanding teori lain tentang asal usul varian Omicron, reverse zoonosis dinilai paling mungkin terjadi. Teori lain menyebut, varian Omicron berevolusi pada manusia dengan kondisi immunocompromized atau daya tahan tubuh melemah.

Di antara berbagai mutasi pada varian Omicron, ada 7 mutasi yang memungkinkan varian ini menginfeksi hewan pengerat termasuk tikus. - PT Kontak Perkasa

Sumber : detik.com


Rabu, 01 Desember 2021

Arus di Sekitar Antartika Makin Cepat Karena Perubahan Iklim

 


PT KP Press - Arus kuat di lautan memiliki pengaruh besar pada iklim Bumi, begitu juga dengan arus di sekitar antartika yang disebut Antarctic Circumpolar Current (AAC). Penelitian terbaru menunjukkan bukti bahwa ACC semakin cepat, seperti yang diprediksi oleh kebanyakan model iklim.
Angin di sekitar Antartika bertiup selamanya ke timur dengan kekuatan yang begitu besar. Pengamatan selama bertahun-tahun telah menunjukkan bahwa kekuatan ini meningkat, didorong oleh kombinasi kenaikan suhu global dan penipisan ozon stratosfer. Namun data tentang perairan di bawahnya kurang komprehensif.


Kini Dr Jia-Rui Shi dari Woods Hole Oceanographic Institute telah membantu menggabungkan data satelit dengan bukti dari pelampung laut untuk tak hanya menetapkan apa yang terjadi pada arus ini, tetapi juga mengapa. Di Nature Climate Change, Shi dan rekan penulis melaporkan bahwa arus semakin kuat, dan suhu laut yang lebih hangat menjadi penyebabnya.

ACC ada karena angin mendorong air, terutama puncak gelombang. Secara intuitif, kita akan memperkirakan angin yang lebih kuat untuk menyamai arus yang lebih kuat. Namun, model iklim memprediksi di atas kecepatan yang ada, efeknya akan kecil karena sebagian besar energi tambahan yang dipasok oleh angin hilang dalam pusaran, di mana air berputar dari arus utama, kadang-kadang melawan arah utama.

"Dari pengamatan dan model, kami menemukan bahwa perubahan panas laut menyebabkan percepatan arus laut yang signifikan yang terdeteksi selama beberapa dekade terakhir," kata Shi dalam pernyataanya.

Sementara melemahnya Arus Teluk (Gulf Stream) berpotensi menimbulkan bencana bagi Eropa utara, efek dari ACC yang lebih kuat tidak begitu jelas, tapi Shi menyebutkan bahwa percepatan ACC ini, terutama jetnya yang berpusat di Subantarctic Front, memfasilitasi pertukaran seperti panas atau karbon, antara cekungan laut dan menciptakan peluang bagi kondisi ini untuk meningkat di wilayah subtropis bawah permukaan.

Penyembuhan lubang ozon diharapkan sebagian menyeimbangkan efek peningkatan pemanasan global pada kecepatan angin di sekitar Antartika. Namun untuk ACC, di mana ozon hanya merupakan faktor kecil, peningkatan kehangatan diperkirakan akan menyebabkan penguatan lebih lanjut untuk beberapa waktu mendatang.

Penyembuhan lubang ozon, meski kecil, diharapkan bisa sedikit menyeimbangkan efek peningkatan pemanasan global pada kecepatan angin di sekitar Antartika. Namun untuk ACC, di mana ozon hanya merupakan faktor kecil, peningkatan kehangatan diperkirakan akan menyebabkan penguatan lebih lanjut untuk beberapa waktu mendatang.

Ketika Amerika Selatan dan Australia menyatu dengan Antartika, tidak ada jalan bagi perairan untuk bergerak, dan arus laut membawa air hangat dari khatulistiwa ke tepian Antartika. Panas ini membuat musim panas Antartika cukup beriklim bagi hutan untuk tumbuh dan mencegah pembentukan lapisan es permanen.

Bahkan ketika benua-benua itu terpisah, pada awalnya cukup banyak yang tertinggal untuk mencegah pembentukan kekuatan yang kita lihat sekarang, yang memiliki aliran lebih dari seratus juta meter kubik per detik.

Itu hanya sekitar 30 juta tahun yang lalu, ketika Drake Passage terbuka, dan Tasmania bergerak cukup jauh ke utara untuk berhenti mengganggu aliran ke timur yang membentuk ACC dan mengisolasi Antartika. Efeknya mengubah suhu seluruh planet, karena es permanen memantulkan lebih banyak cahaya. - PT KP Press

Sumber : detik.com