Selasa, 10 Oktober 2023

Wall Street Merana Akibat Perang Israel-Hamas!

 


PT Kontakperkasa -  Bursa Amerika Serikat (AS) Wall Street dibuka kompak di zona merah pada perdagangan Senin (9/10/2023) akibat tekanan dari konflik mematikan Israel-Hamas, diperparah inflasi dan tingginya suku bunga.
Dow Jones dibuka terkoreksi 0,17% di posisi 33.350,06, sementara S&P 500 melemah 0,47% di posisi 4.288,22, begitu juga dengan Nasdaq turun 0,98% diposisi 13.229,46.

Konflik Israel-Palestina memanas pada hari Sabtu setelah kelompok militan Hamas melancarkan invasi, yang tampaknya mengejutkan Israel. Lebih dari 700 warga Israel tewas dalam apa yang disebut Hamas sebagai Operasi Banjir Al Aqsa, dan setidaknya 490 warga Palestina tewas dalam serangan balasan Israel di Jalur Gaza. Sebagai informasi, Hamas adalah kelompok perlawanan Israel yang didukung oleh Iran dan telah memerintah Jalur Gaza sejak 2007.

Meningkatnya ketegangan geopolitik yang disebabkan oleh konflik tersebut dapat berdampak pada pasar energi, dan beberapa ahli memperkirakan akan terjadi "lonjakan mendadak" pada harga minyak. Meningkatnya ketegangan juga dapat memicu volatilitas lebih lanjut di pasar yang membuat pelaku pasar khawatir akan inflasi yang terus berlanjut dan suku bunga yang lebih tinggi.

Melansir CNBC International, Minyak mentah berjangka WTI naik 3,8% pada Senin, diperdagangkan di atas US$ 85 per barel. Meski pasar secara keseluruhan terkoreksi, Perusahaan pertahanan dan minyak besar melonjak di tengah serangan itu. Saham Lockheed Martin dan Northrop Grumman Corp melesat masing-masing 4,9% dan 3,6%, dalam perdagangan pra-pasar.

Harga minyak mengalami rebound, pasca kejatuhan yang terjadi pekan lalu. Minyak mentah Brent tergelincir sekitar 11% dan West Texas Intermediate (WTI) AS mencatat penurunan sebesar 8%.

Meskipun Israel dan Palestina bukanlah pemain utama dalam sektor energi global, kedua negara tersebut berlokasi di kawasan penting untuk produksi minyak yang dapat mempunyai implikasi lebih luas.

OPEC+, kartel minyak yang mencakup Rusia yang bukan anggota OPEC, akan tetap berhati-hati dalam setiap langkah untuk memperluas produksi minyak lebih lanjut dan mengubah rencana pengurangan, kata Menteri Energi Arab Saudi Pangeran Abdulaziz bin Salman kepada CNBC pada hari Minggu.

Di sisi lain, tekanan bursa saham terjadi seiring dengan imbal hasil Treasury 10-tahun mencapai level tertinggi dalam 16 tahun pada awal minggu ini. - PT Kontakperkasa

Sumber : cnbcindonesia.com

Jumat, 06 Oktober 2023

Ramalan Orang Ini Benar, AS Kini Bikin Dunia Kacau Balau

 


PT KP Press - Pasar keuangan dunia, termasuk Indonesia kacau balau dalam beberapa waktu terakhir. Hal ini tidak terlepas dari situasi Amerika Serikat (AS) dan kebijakan Bank Sentral Federal Reserve (Fed) yang terus menaikkan suku bunga acuan.
"Tiba-tiba dua hari yang lalu salah satu board membernya menyampaikan ini inflasi masih tinggi di atas, kita melihat nampaknya The Fed harus pertahankan suku bunga tinggi dalam jangka waktu yang lama," kata Destry di Hotel Four Seasons, Jakarta, Rabu (4/10/2023).

Penyebab berubahnya arah kebijakan The Fed ini menurut Destry karena adanya indikasi inflasi masih akan terus tinggi disebabkan harga minyak yang terus meninggi hingga tawaran upah yang juga tinggi, khususnya di sektor jasa yang tengah berkembang di negara itu karena terbatasnya tenaga kerja di sektor itu.

Akibatnya, pelaku pasar masih banyak yang memperkirakan akan ada kelanjutan kenaikan Fed Fund Rate ke depan. Bagi Indonesia, sentimen ini menurut Destry makin buruk lantaran jika The Fed merealisasikan kenaikan suku bunga Fed Fund Rate pada November 2023 sebesar 25 basis poin.

"Gara-gara itu semuanya heboh, panik, akibatnya DXY, dolar index naik 107, lebih parahnya lagi bond yieldnya US Treasury 10 tahun naik ke 4,7%, itu the highest ever since 2007. Apa yang terjadi? Market kita ikut bergerak, sehingga bond yield kita ikut naik, rupiah kita mulai tertekan," tegas Destry.

Indeks dolar AS (DXY) pun turut merespon dengan mengalami penguatan belakangan ini yang berujung tertekannya mata uang Garuda. Indeks dolar AS (DXY) pada Jumat (6/10/2023) pukul 08.55 WIB, berada di posisi 106,41 atau naik 0,08% jika dibandingkan penutupan perdagangan Kamis (5/10/2023) yang berada di posisi 106,33.

Sebagai catatan, perangkat CME FedWatch menunjukkan 20,4% pelaku pasar meyakini terjadinya kenaikan suku bunga sebesar 25 basis poin (bps) pada Federal Open Market Committee (FOMC) November mendatang. Sementara 33% pelaku pasar meyakini kenaikan tersebut terjadi di bulan Desember 2023.

Imbal hasil US Treasury tenor 10 tahun terbang ke level tertingginya dalam 16 tahun terakhir. Imbal hasil US Treasury 10 tahun (US10YT=RR) naik 6,9 basis poin (bps) menjadi 4,8% pada Selasa (3/10/2023). Level tersebut adalah yang tertinggi sejak awal Agustus 2007 atau tepat sebelum krisis keuangan global.

Christopher Andre Benas Head of Research BCA Sekuritas dalam program Closing Bell CNBC Indonesia, menyatakan hal ini yang menjadi penyebab nilai tukar rupiah melemah. Padahal fundamental perekonomian sangat baik.

"Fundamental sih level segini gak menggambarkan fundamental, karena ekonomi Indonesia sangat baik, trade balance, CAD (current account deficit) masih oke. Jadi sebenarnya menurut saya Indonesia masih sangat baik," ungkapnya.

Hal yang senada diungkapkan oleh Ralph Birger Portiray Head of Treasury & Financial Institution Bank Mega. Dia menambahkan hampir seluruh mata uang dunia bertekuk lutut terhadap dolar AS. Bahkan dilihat dari pergerakan awal tahun, level rupiah sekarang masih cukup wajar.

"Walaupun rupiah ada depresiasi cukup signifikan, tetapi depreasiasi itu masih dalam tahap yang wajar, karena performance rupiah masih dalam range yang diperkirakan. Rp15.600/US$ bukan sesuatu yang aneh," terang Ralph.

Ramalan Joseph Stiglitz
Ekonom Amerika Serikat peraih penghargaan nobel di bidang ekonomi Joseph Stiglitz mengungkapkan bank sentral Amerika Serikat, yaitu The Federal Reserve (The Fed) salah mendiagnosa penyebab kenaikan inflasi di negaranya.

Kesalahan diagnosa terhadap inflasi itu membuat The Fed terus menaikkan suku bunga Fed Fund Rate (FFR) secara cepat dan bertengger di level yang tinggi untuk jangka waktu panjang. Tujuannya untuk meredam permintaan agregat.

"Menaikkannya terlalu cepat, dan terlalu jauh, menunjukkan kesalahan diagnosa. Mereka meyakini bahwa inflasi ini hasil dari agregat demand yang kuat," ujar Stiglitz dalam program Money Talks CNBC Indonesia.

Ketimbang disebabkan permintaan agregat yang kuat, Stiglitz menganggap, inflasi yang tinggi di Amerika Serikat cenderung disebabkan masalah pasokan (supply side). Sebab, pasokan barang dan jasa memang tengah terganggu di duni akibat masa Pandemi Covid-19 dan perang Ukraina-Rusia.

Ia mencontohkan, sejak pandemi dan akibat perang Ukraina-Rusia, dunia tengah menghadapi kurangnya pasokan chip untuk kendaraan, akibatnya harga kendaraan tinggi beberapa waktu lalu. Namun, di beberapa negara cara meredamnya bukan menaikkan suku bunga acuannya. "Harga mobil jadi teratasi. Harga minyak turun dari US$120 menjadi US$80. Dan dan tentu saja harga-harga yang tinggi itu ada harganya yang diterjemahkan ke dalam inflasi inti, tapi sistemnya stabil," ucap Stiglitz.

Oleh sebab itu, ia menekankan, cara mengendalikan inflasi yang disebabkan pasokannya yang terganggu tidak bisa memanfaatkan metode kenaikan suku bunga acuan yang hanya mematikan ekonomi karena mengurangi permintaan, karena pasokannya yang bermasalah. "Tidak ada alasan untuk mematikan perekonomian. Itu tidak akan sepadan dengan keuntungannya. Kita sebenarnya bisa menaikkan upah pekerja tanpa menyebabkan inflasi yang besar," tuturnya.

Ia pun mengaku sangat menentang pernyataan The Fed yang masih ingin menaikkan angka pengangguran hanya demi meredam angka inflasi di negara itu. Menurutnya, itu hanya akan merugikan AS dan negara-negara lain dan The Fed tidak bisa terus menerus hanya menggunakan kebijakan suku bunga untuk meredam inflasi. "Saya sangat kritis terhadap pernyataan The Fed yang ingin meningkatkan angka pengangguran. Tentu saja, hal ini selalu mempunyai dampak global di luar AS," tegas Stiglitz.

Aksi Fed membuat pasar keuangan dunia bergejolak. Mata uang berjatuhan dan mengakibatkan banyak negara kesulitan untuk mendapatkan utang dengan harga yang terjangkau. Bagi negara yang tidak kuat, maka harus siap menerima krisis keuangan. - PT KP Press

Sumber : cnbcindonesia.com

Rabu, 04 Oktober 2023

Ditopang Cadangan Tembaga dan Emas, Kinerja Bisnis AMMN Masih Akan Terus Tumbuh

 


PT Kontakperkasa - Meski dihadang dua faktor eskternal yaitu curah hujan yang tinggi dan tertundanya pemberian izin ekspor, PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN) berhasil bukukan laba bersih US$ 118,8 juta atau sekitar Rp 1,83 triliun pada semester pertama 2023.

Analis dan Senior Investment Information dari Mirae Asset Sekuritas, Nafan Aji Gusta, memandang kinerja AMMN masih tangguh di semester pertama 2023, meski mengalami penurunan. Dia menyebut, penurunan itu karena ada beberapa faktor. Faktor pembatasan ekspor konsentrat, faktor perlambatan ekonomi global, faktor cuaca (hujan), dan kekhawatiran adanya resesi global.

"Jadi itu memengaruhi kinerja ekspor dari AMMN itu sendiri yang tergambar di semester I-2023," jelas dia ditulis Rabu (4/10/2023).

Dia meyakini, penurunan kinerja AMMN ini hanya bersifat sementara. Buktinya saja, kinerja kuartal II di negara-negara seperti Amerika, Serikat, Jepang, Tiongkok, dan India mulai menunjukkan kinerja atau tren yang progresif.


"Dengan melihat kinerja ekonomi dari negara-negara di atas, maka permintaan mineral diproyeksikan akan semakin baik. Nantinya akan berpengaruh pada emiten yang ada di Indonesia, seperti AMMN yang memproduksi tembaga dan emas," tegas dia.

Apalagi paparan kinerja perusahaan yang menargetkan pertumbuhan produksi tembaga dan emas sepanjang 2023, serta kekuatan fundamental perusahaan, maka bisa mendorong kinerja keuangan AMMN hingga semester II-2023.

"Jadi masih on the track, prospek kinerja akan terbilang positif dari segi kuartal ke kuartal, bukan hanya year-on-year saja yang positif. Jika kinerja diproyeksikan masih positif, maka akan memberikan pengaruh baik ke kinerja saham AMMN. Itu menurut saya," tutur Nafan.

Untuk prospek jangka panjang, AMMN terlihat menjanjikan dengan proyek ekspansinya memperluas fasilitas pengolahan dan pembangkit listrik, serta pembangunan smelter tembaga dan pemurnian logam mulia yang ditargetkan rampung secara mekanis di bulan Mei 2024.

Alexander Ramlie, Direktur Utama AMMN dalam siaran persnya mengatakan, selama hampir tujuh bulan dari Oktober 2022 hingga April 2023, lokasi tambang perusahaan mengalami curah hujan yang tinggi, hampir dua kali lipat rata-rata tahunan historis, sehingga menyebabkan tertundanya penambangan bijih segar dari Fase 7. Hal ini membuat operasional AMMN dialihkan ke proses pengupasan batuan penutup Fase 8, guna mempercepat akses menuju bijih segar Fase 8 dari jadwal yang direncanakan.

Tak hanya itu, AMMAN juga tidak bisa melakukan penjualan konsentrat karena tertundanya pemberian izin ekspor mulai tanggal 1 April hingga 24 Juli 2023. Meski demikian, persediaan konsentrat selama empat bulan tersebut berhasil dijual dalam waktu enam minggu saja sejak mendapat izin ekspor pada Juli 2023 yang lalu.

Perusahaan menargetkan produksi tembaga 337 juta pon naik 23%, dibanding target sebelum IPO, sementara untuk produksi emas ditargetkan mencapai 529 kilo ons lebih tinggi 42% dibanding target sebelum IPO.

Dalam paparannya, manajemen perusahaan juga menyampaikan kondisi resource (sumber daya tambang) dan reserves (cadangan) dimana selama 23 tahun beroperasi tambang Batu Hijau telah berhasil menghasilkan 9.358 juta pon tembaga dan 9,5 juta ons emas.

Namun, reserves (cadangan) Batu Hijau yang tersisa masih sangat besar yaitu 6.609 juta pon tembaga atau setara 71% dari tembaga yang telah dihasilkan di masa lalu.

"Batu Hijau masih memiliki begitu banyak potensi dari cadangannya, belum lagi sumber dayanya. Di samping kami juga melanjutkan eksplorasi di proyek Elang, yang studi kelayakannya akan selesai pada tahun 2024," ungkap Alexander. - PT Kontakperkasa


Sumber : suara.com

Senin, 02 Oktober 2023

Maaf! Bikin Ngopi Gak Tenang, Harga CPO Terkoreksi 1%


 


 

PT KP Press - Harga minyak kelapa sawit (Crude Palm Oil/CPO) di Bursa Malaysia Exchange terpantau terkoreksi di sesi awal perdagangan Senin (2/10/2023) mematahkan penguatan pada perdagangan pekan lalu.
Melansir Refinitiv, harga CPO pada sesi awal perdagangan turun 1,01% di posisi MYR 3.729 per ton pada pukul 10:00 WIB. Dengan demikian, harga CPO saat ini ada di level 3.700 didukung penguatan pekan lalu.

Pada perdagangan Jumat (29/9/2023) harga CPO ditutup turun 0,11% ke posisi MYR 3.767 per ton. Dengan dalam sepanjang pekan lalu harga CPO berakhir menguat 2,34% mematahkan perlemahan tiga pekan beruntun sejak perdagangan September lalu. Sementara secara bulanan harganya masih jatuh 6,06%, dan terkoreksi tajam mencapai 9,75% secara tahunan.

Terkoreksinya harga CPO terjadi di tengah tutupnya bursa komoditas Dalilan hingga 6 Oktober mendatang untuk Festival Pertengahan Musim Gugur dan Hari Nasional. Harga minyak kedelai di Chicago Board of Trade BOcv1 naik 0,04%. Harusnya mampu mendorong harga naik.

Minyak kelapa sawit dipengaruhi oleh pergerakan harga minyak terkait saat mereka bersaing untuk mendapatkan bagian di pasar minyak nabati global.

Selain itu, kenaikan ekspor Indonesia dan Malaysia seharusnya menjadi sentimen positif bagi harga CPO. Namun pagi ini, nyatanya harganya tak mampu merangkak naik.


Produsen minyak sawit terbesar di dunia, Indonesia, mengekspor 3,52 juta metrik ton minyak pada bulan Juli, termasuk produk olahan, naik 21,8% dibandingkan tahun lalu.

Indonesia juga menetapkan harga referensi minyak sawit mentah sebesar US$ 827,37 per metrik ton untuk periode 1-15 Oktober, naik dari US$ 798,83 per ton pada periode 15 hari sebelumnya.

India kemungkinan akan memulai tahun pemasaran 2023/24 dengan rekor persediaan minyak nabati yang akan mengurangi impor pada musim baru.

Harga minyak sawit mentah pada tahun 2024 kemungkinan akan naik rata-rata setidaknya 11% dibandingkan tahun ini karena pola cuaca El Nino diperkirakan akan mengurangi produksi di negara produsen utama di Indonesia.

Menurut Refinitiv Commodities Research, cuaca hangat dan kering akan terjadi di wilayah perkebunan kelapa sawit Indonesia dan Malaysia, sehingga tidak menguntungkan produktivitas kelapa sawit.

Namun, produksi minyak sawit Malaysia kemungkinan akan meningkat tahun depan karena banyaknya tenaga kerja dan matangnya perkebunan untuk dipanen guna mengimbangi dampak El Nino.

Surveyor kargo Intertek Testing Services mengatakan ekspor produk minyak sawit Malaysia untuk 1-25 September naik 17,5% dibandingkan periode yang sama di bulan Agustus. Sementara, perusahaan inspeksi independen AmSpec Agri Malaysia mengatakan ekspor produk minyak sawit Malaysia untuk 1-25 September naik 15,2% selama 1-25 Agustus. - PT KP Press

Sumber : cnbcindonesia.com

Kamis, 23 Desember 2021

Jangan Panic Buying, Pertamina Pastikan BBM Jelang Natal-Tahun Baru Aman

 


PT KP Press - PT Pertamina (Persero) mengimbau masyarakat tetap tenang menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan LPG sesuai kebutuhan serta tidak membeli secara berlebihan. Sebab pasokan BBM dan LPG aman dan mencukupi.
Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman menjelaskan imbauan tersebut dilakukan untuk menanggapi sebaran berita yang meminta masyarakat mengisi penuh BBM mulai tanggal 29 Desember 2021 hingga 7 Januari 2022.

"Kami tegaskan bahwa informasi tersebut adalah hoax, tidak benar dan menyesatkan. Kami berharap masyarakat tidak melakukan panic buying, karena kami yakin seluruh pekerja Pertamina tetap mengedepankan kepentingan umum dan dapat bersama-sama menjaga kondusivitas dan kelancaran operasional," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (23/12/2021).

Menurut Fajriyah, Pertamina telah memiliki Satgas Natal dan Tahun Baru dan dilengkapi dengan PICC (Pertamina Integrated Command Center) yang melakukan monitoring 24 jam. Mereka juga akan menjalankan kegiatan pengamanan ketersediaan dan distribusi BBM dan LPG, termasuk berkoordinasi dengan Pemda dan pihak aparat.

Ia menuturkan, Satgas Nataru 2021 akan melibatkan Direksi Pertamina maupun Direksi Sub Holding terkait. Termasuk General Manager di seluruh daerah untuk memastikan kesiapan dan pengamanan distribusi BBM dan LPG. Mulai dari kesiapan armada, build up stock di seluruh region, monitoring distribusi, hingga kesiapan dan keselamatan para pekerja yang bertugas.

"Pertamina juga memiliki pola distribusi RAE (reguler, Alternatif dan Emergency) untuk mengantisipasi kondisi emergency. sehingga pertamina tetap memastikan ketersediaan BBM dan LPG di seluruh wilayah," tambahnya.

Langkah antisipasi menjelang Nataru, Pertamina telah menyiapkan 114 terminal BBM, 23 terminal LPG, 68 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU), lebih dari 7.400 SPBU. Selain itu juga disiapkan seluruh rantai distribusi LPG mulai dari Stasiun Pengisian Bahan Bakar Elpiji (SPBBE) hingga agen dan pangkalan LPG baik yang subsidi maupun non subsidi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Disiapkan pula layanan dan fasilitas tambahan, seperti 1.077 SPBU Siaga di jalur reguler, 63 SPBU Siaga di jalur tol, 218 Motoris atau armada Pertamina Delivery Service (PDS), dan 144 titik kantong BBM SPBU.

Kemudian 34 unit Pertashop atau SPBU modular, lalu lebih dari 48 ribu agen dan pangkalan LPG Siaga, layanan di 68 DPPU juga akan terus siaga memenuhi kebutuhan Avtur bagi seluruh maskapai penerbangan.

"Dengan kesiapan ini, kami berharap masyarakat dapat menikmati liburan Natal dan Tahun Baru dengan tenang bersama keluarga," pungkasnya. - PT KP Press

Sumber : detik.com

Selasa, 21 Desember 2021

Lucu... Ini Candaan Pilot tentang Membuka Jendela Pesawat Saat Takeoff

 


PT Kontak Perkasa - Ada saja pertanyaan netizen yang bersifat ambigu. Ini jawaban pilot saat ditanya "kenapa saat take off penutup jendela pesawat harus dibuka?" Jawabannya bikin ngakak!
Traveler yang sering naik pesawat tentu tidak asing dengan instruksi awak kabin yang mengingatkan agar membuka penutup jendela di saat pesawat akan landing maupun take off. Bahkan, awak kabin memastikan betul hingga menghampiri penumpang untuk membuka penutup jendela.

Ternyata alasannya adalah untuk keselamatan. Jadi saat pesawat take off atau landing, kita bisa melihat jika ada terjadi kebakaran, atau hal lain yang bisa membahayakan penerbangan.

Ya, merujuk Flight Safety, 80 persen kasus kecelakaan pesawat terjadi pada 11 menit krusial atau biasa disebut critical eleven. Critical eleven merupakan tahap krusial selama tiga menit setelah pesawat take-off dan delapan menit sebelum pesawat mendarat.

Dalam periode waktu tersebut, pesawat dalam kondisi rentan sehingga gangguan sekecil apapun akan berdampak besar terhadap keselamatan penerbangan.

Jika penumpang melihat sesuatu yang ganjal atau membahayakan bisa juga memberitahukan langsung ke awak kabin. Nanti awak kabin akan meneruskan ke pilot dan langsung mengambil tindakan.

Jendela harus di buka ? Waduh ##semogabermanfaat ##sampaiketemudilangitlangit♬ Squidville - Emmanuel
Baru-baru ini viral nih, video netizen yang bertanya kepada pilot tentang serba-serbi penerbangan. Salah satu pertanyaannya yang membuat kita membacanya harus dua kali adalah "Bang, kenapa pas takeoff atau landing jendela pesawat harus dibuka?"

Pemilik akun TikTok bernama M Rizky Fajar Toekan pun menjawab pertanyaan netizen ini dengan balik bertanya lagi. Dia pun membuka jendela pesawat di bagian pilot dan mengeluarkan kepalanya.

"Dibuka brey? Gimana ceritanya nih? Tuh, kapten gue aja ketawa brey.. Gini nih?" Rizky pun merekam tangannya membuka jendela kok pilot. "Begitu brey? Biar bisa foto?"

Dia pun kemudian memperlihatkan sebuah kertas bertuliskan 'Normal Checklist' dari salah satu pesawat Lion Air. lalu menyorotinya 'Windows' dan 'Locked'.

"Ditutup ya brey ya, jangan dibuka, kehisap ntar kita," jawabnya sambil tertawa.

Netizen pun mencoba meluruskan dalam kolam komentar maksud dari pertanyaan tersebut. Mereka pun mengatakan maksudnya adalah penutup jendela pesawat.

Dalam akun TikToknya, M Rizky Fajar Toekan sering membuat konten tentang serba-serbi dunia penerbangan. Sering juga dia menjawab prtanyaan netizen yang kepo dengan pesawat dan dunia penerbangan. Dalam akun Instagramnya tertulis jika dia seorang pilot.

Gimana menurut traveler? Terhibur nggak? Jangan terlalu serius ya.... - PT Kontak Perkasa

Sumber : detik.com

Senin, 20 Desember 2021

Tips dari Pramugari: Pilihlah Penerbangan Pagi

 


PT Kontak Perkasa Futures - Mantan pramugari Stella Connolly membagikan tips penerbangan. Dia bilang memilih waktu tertentu untuk terbang bisa menjadi kesempatan traveler untuk mendapatkan pelayanan lebih sip.
Stella pernah bekerja sebagai pramugari dari New York. Dia bilang penerbangan pagi merupakan penerbangan yang sebaiknya dipilih traveler.

"Penerbangan pagi hari adalah yang terbaik. Mereka hampir selalu tepat waktu," kata Stella.

"Kami ingin pulang atau mencapai tujuan kami sama seperti Anda. Kami lebih bahagia jika penerbangan take off tepat waktu," dia menjelaskan.

Penerbangan lebih awal tidak hanya berarti awak penerbangan masih lebih bugar, tetapi pesawat juga yang jauh lebih bersihdan cenderung tidak akan delay.

"Seiring berjalannya hari, jika satu penerbangan terlambat, itu adalah efek bola salju dan ada kemungkinan penerbangan yang lebih siang akan tertunda. Saya sarankan terbang lebih awal," dia menjelaskan.

Waktu delay penerbangan semakin meningkat dari pukul 06.00 dan seterusnya. Merujuk situs FiveThirtyEight menunjukkan penundaan penerbangan rata-rata hanya delapan menit pada pukul 06.00, sebelum mencapai 21 menit pada pukul 18.00.

Alasan lain terkait saran terbang lebih awal mengacu kepada data Laboratorium Badai Nasional. Kecenderungannya, badai petir lebih sering terjadi pada sore hari, yang menyebabkan turbulensi atau udara bergelombang dan perjalanan yang bergejolak. - PT Kontak Perkasa Futures

Sumber : detik.com