Rabu, 04 November 2020

Tak Melulu Batuk, Ini Sederet Gejala COVID-19 yang Perlu Diwaspadai

 


PT KP Press - Orang dengan COVID-19 telah melaporkan berbagai gejala, mulai dari yang ringan, sedang, hingga parah. Gejala COVID-19 bisa muncul 2-14 hari setelah terpapar virus.
Dilansir dari laman Center for Disease Control and Prevention (CDC), berikut gejala COVID-19:

Gejala umum:
Demam atau kedinginan
Batuk
Sesak napas
Gejala tidak biasa
Sakit kepala
Kehilangan indera penciuman dan perasa
Sakit tenggorokan
Hidung tersumbat atau meler
Mual dan muntah
Diare
Mata merah
Nyeri otot
Kapan harus ke rumah sakit?
Cari tanda peringatan darurat untuk COVID-19. Jika seseorang menunjukkan salah satu dari tanda-tanda ini, segera cari pertolongan medis.

Sulit bernapas
Nyeri atau tekanan di dada
Kebingungan
Ketidakmampuan untuk bangun
Bibir atau wajah kebiruan
Beda COVID-19 dan Flu
Ada beberapa perbedaan utama antara COVID-19 dan flu. COVID-19 tampaknya menyebar lebih mudah daripada flu dan menyebabkan penyakit yang lebih serius pada beberapa orang.

COVID-19 juga bisa memakan waktu lebih lama sebelum orang menunjukkan gejala. Karena beberapa gejala flu dan COVID-19 serupa, mungkin sulit untuk membedakannya berdasarkan gejala saja.

Pasien COVID-19 umumnya akan mengalami waktu yang lebih lama sampai muncul gejala dibandingkan dengan flu biasa. Umumnya seseorang yang mengalami flu biasa hanya mengembangkan gejala 1-4 hari setelah terinfeksi.

Sementara pada pasien COVID-19, gejala-gejala yang dirasakan bisa muncul 5 hari setelah seseorang terinfeksi. Waktu paling cepatnya bisa 2 hari bahkan 14 hari setelah orang itu terinfeksi virus Corona. - PT KP Press

Sumber : detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar