Senin, 08 Januari 2024

Beda Emas Antam dan Pegadaian, Mana Lebih Cuan?

 


PT Kontakperkasa Futures - Logam mulia emas menjadi instrumen investasi yang paling aman di tengah gejolak perekonomian karena memiliki risiko yang rendah. Bahkan investasi emas menjadi primadona karena harganya terus naik dari tahun ke tahun.
Bagi masyarakat yang ingin menempatkan dananya pada instrumen logam mulia kuning tersebut, sebaiknya mempertimbangkan asal produk emas yang akan dibeli. Misalnya saja pembelian emas di PT Aneka Tambang (Persero) Tbk. (ANTM) atau di PT Pegadaian (Persero).

Antam yang merupakan perusahaan tambang milik BUMN menawarkan jasa untuk investasi emas. Saat ini layanan tersebut telah dikembangkan hingga membentuk tabungan emas dan bekerja sama dengan PT Pegadaian (Persero).

Terdapat perbedaan harga antara pembelian dan keuntungan emas Antam dengan Pegadaian. Hal itu dipengaruhi oleh margin dan biaya administrasi yang dikenakan pada emas Pegadaian.

Meskipun sama-sama menjual produk emas, harga emas antar keduanya sering kali berbeda. Misalnya, harga emas di Pegadaian mengalami penguatan, sementara harga emas di Antam justru mengalami pelemahan.

Pegadaian adalah mitra bisnis Antam. Pegadaian menjadi penjual sekunder atau membeli emas dari Antam. Sehingga membuat produk emas di Pegadaian menjadi sedikit lebih tinggi untuk mendapat selisih keuntungan atau margin penjualan.

Selain itu, akan dikenakan biaya tambahan yang berbeda dari keduanya. Antam sendiri memberlakukan tipe keanggotaan. Biaya administrasi investasi emas lebih murah jika dibanding investasi reksadana melalui aplikasi. Sementara Pegadaian mengenakan biaya administrasi sesuai layanan yang dipilih, misalnya, dalam bentuk tabungan emas. Ini merupakan biaya yang dikeluarkan untuk membuka rekening tabungan emas di Pegadaian.

Namun, keuntungan investasi emas Antam maupun Pegadaian memiliki perbedaan. Emas Antam cenderung lebih murah dibandingkan Pegadaian, tentu membeli emas di Antam akan lebih murah karena berkaitan langsung dengan unit bisnis produsennya.

Emas Antam mendapat sertifikat London Bullion Market Association (LBMA) sehingga produknya diakui secara internasional. Setiap emas Antam juga mengandung kemurnian 99,99 atau 24 karat.

Namun, masyarakat harus datang langsung untuk mendaftar dengan datang langsung ke butik emas Antam di daerah tertentu. Selain itu, ada kuota pembelian emas. Antam memberlakukan kuota pembelian emas di setiap butiknya untuk meminimalisir membludaknya pembeli.

Sementara itu, di Pegadaian dapat memberikanmu opsi untuk menyicil emas mulai dari 0,1 gram. Di Pegadaian pilihan berat emas juga lebih bervariasi.

Selain Antam, kamu juga bisa memilih produk emas dari UBS, Galeri24, dan Lotus Archi. Bebas kuota pembelian emas sehingga dapat membeli emas kapanpun di Pegadaian tanpa adanya kuota pembelian.

Namun, harga beli emas bisa lebih mahal karena Pegadaian memasok emas dari produsen. - PT Kontakperkasa Futures

Sumber : cncbindonesia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar