Kamis, 17 September 2020

Direktur CDC Sebut Masker Bisa Lebih Efektif Cegah Corona daripada Vaksin

 


Kontak Perkasa Futures - Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), Robert Redfield, menjelaskan bahwa masker bisa jadi lebih efektif dalam mencegah COVID-19 daripada vaksin. Hal ini ia utarakan saat mendapat pertanyaan soal kebiasaan Presiden Donald Trump yang tidak memakai masker.
"Saya tidak mengomentari langsung presiden, tapi sebagai direktur CDC saya bisa bilang masker ini adalah alat kesehatan publik paling kuat yang kita miliki saat ini," kata Robert seperti dikutip dari Business Insider, Kamis (17/9/2020).

Robert berpendapat bahwa masker bisa jadi lebih efektif daripada vaksin karena bisa bekerja untuk seluruh individu. Sementara vaksin mungkin bisa tidak menimbulkan respons imun yang diharapkan pada semua orang.

"Masker ini pertahanan terbaik kita," kata Robert.

"Mungkin bisa dibilang masker lebih bisa melindungi terhadap COVID, daripada bila saya mendapat vaksin karena imunogenisitasnya hanya sekitar 70 persen. Bila saya tidak mendapat respons imun yang diharapkan, maka vaksin tidak akan melindungi saya. Masker yang akan melindungi," lanjutnya. - Kontak Perkasa Futures

Sumber : detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar