Senin, 28 Januari 2019

Seperti Bali dan Suramadu, Bamsoet Usul Motor Boleh Lewat Tol


PT Kontak Perkasa Futures - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet), yang juga merupakan pencinta motor gede (moge), mengusulkan kepada Pemerintah RI supaya memberi akses bagi kendaraan roda untuk bisa menggunakan jalan bebas hambatan (tol).

Hal itu disampaikan langsung Bamsoet saat memberikan kata sambutan pada pembukaan Pesta Rakyat Bikers Jakarta, di Senayan, Jakarta, Minggu (27/1/2019) kemarin.

"Saya meminta dan mengimbau dari (kawasan) gedung DPR ini, pemerintah harus mewujudkan jalan khusus bagi roda dua di jalan-jalan tol. Ini penting untuk persamaan hak warga negara," kata Bamsoet, di lapangan belakang Gedung DPR RI.

Saat ini di Indonesia memang tidak semua jalan tol bisa dilalui oleh motor. Hanya, ada dua ruas tol yang dibolehkan motor melintas, yaitu di jembatan Suramadu dan tol Bali. Namun, tol untuk mobil dan motor di sana dipisahkan sehingga lebih aman karena motor dan mobil tidak tercampur dalam satu jalan.

Sementara itu, jalan tol dianggap terlalu bahaya untuk kendaraan roda dua, karena punya karakter jalur yang cepat dan lintasan yang panjang. Sehingga jalan tol hanya dibolehkan untuk kendaraan roda empat atau lebih.

Namun demikian, bukan berarti tidak ada sama sekali jalan tol di Indonesia yang 'mengharamkan' pengendara roda dua. Bamsoet mencontohkan jalan tol Mandara di Bali dan tol Suramadu di Jawa Timur yang bisa dilalui pengguna motor.

"Dari lapangan ini saya meminta pemerintah (juga) memikirkan, Bali saja di tol sudah ada jalur khusus motor. Suramadu jalan tolnya sudah ada khusus motor," pungkas Bamsoet yang juga Ketua Dewan Pembina Motor Besar Indonesia (MBI). - PT Kontak Perkasa Futures

Sumber : detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar