Rabu, 29 April 2020

Kompolnas Apresiasi Brigjen Erwin Tak Balik Melawan Saat Diancam ASN di Tol


PT Kontak Perkasa - Komisioner Kepolisian Nasional (Kompolnas) memuji tindakan Brigjen Erwin Chahara Rusmana yang tidak memberikan perlawanan saat mengalami kejadian tidak mengenakan di Jalan Tol Cikampek KM 29+400. Tindakan menunjukan kartu pengenal anggota polisi juga dinilai hal yang wajar dilakukan.

"Brigjen Erwin yang merasa terancam tidak melakukan perlawanan, kemudian setelah merasa aman dia melapor ke Polisi itu sudah benar. Safety First, Brigjen Erwin mengedepankan itu," kata Komisioner Kompolnas Andrea Poeloengan saat dihubungi, Selasa (28/4/2020).

Andrea menilai Erwin sudah tepat sebagai pengguna jalan mementingkan mengedepankan penyelesaian kasus tersebut secara hukum. Menurutnya pelaku bisa dikenakan pasal berlapis terkait insiden tersebut.

"Keributan di jalan seperti itu ya penyelesaiannya dengan penegakan hukum, dan kebetulan katanya pelaku menggunakan senjata tajam bisa dikenankan UU Darurat, dan pasal KUHP lainnya," ujarnya.

Dia juga menilai tindakan Erwin yang menunjukan kartu pengenal anggota kepolisian merupakan hal yang wajar. Itu wajar dilakukan untuk proteksi diri.

"Ketika 'terancam keselamatannya' kemudian dia mengungkap identitasnya wajar saja. Alamiah dan manusiawi," sebut Andrea.

Seperti diketahui kejadian tidak mengenakkan itu terjadi pada Sabtu (25/4). Saat itu mobil Brigjen Erwin melaju dari arah Jakarta ke Bekasi, lalu tiba-tiba dipepet oleh mobil Nissan Teana yang dikemudikan pelaku, BSP.

Pelaku kemudian turun dan mengeluarkan pisau. Beruntung, saat itu Erwin tidak membuka kaca. - PT Kontak Perkasa

Sumber : detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar