Senin, 07 Oktober 2019

Formasi Pimpinan DPRD Komplet, Kenapa Pilih Wagub DKI Masih Sulit?


PT Kontak Perkasa - Formasi pimpinan DPRD DKI Jakarta sudah komplet formasinya. Lalu kapan DPRD DKI menentukan wakil gubernur Jakarta?

Anggota Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI, Syarif, menyatakan saat ini ada dua hal yang ditunggu DPRD DKI sebelum bisa memproses penentuan wakil gubernur DKI.

"Dia menjelaskan prosesnya. Pada Bulan Juni 2019, Panitia Khusus (Pansus) Pemilihan Wakil Gubernur mentok kerjanya. Tata tertib pemilihan wakil gubernur tidak bisa diparipurnakan.

"Baru tanggal 3 Oktober kemarin, kita pengumuman calon pimpinan definitif," kata Syarif kepada wartawan, Senin (7/10/2010).

Sebagaimana diketahui, pada 3 Oktober kemarin DPRD DKI mengumumkan formasi calon pimpinannya yakni Ketua DPRD Prasetio Edi Marsudi, calon Wakil Ketua DPRD ada M Taufik, Abdurrahman Suhaimi, Misan Samsuri, dan Zita Anjani. Namun mereka masih calon.

"Sekarang kita menunggu SK Menteri pengambilan sumpah janji. Barulah setelah pimpinan definitif, baru bikin komisi-komisi, alat kelengkapan dewan dan badan, lalu bikin pengesahan tata tertib," kata Syarif.

Maka hal pertama yang kini ditunggu oleh DPRD DKI adalah SK Menteri Dalam Negeri utnuk mengesahkan para Pimpinan DPRD itu. Kedua, DPRD DKI juga menunggu hasil evaluasi Kemendagri tentang rancangan tata tertib DPRD DKI periode 2019-2024.

Lalu kapan mau memilih wagub baru?

"Sesegera mungkin lah. November bisa," kata Syarif.

Dia menyerahkan calon wagub ke PKS sebagai partai yang punya jatah. "Itu urusan teman-teman di PKS," ucapnya.

Dua nama calon dari PKS, yaitu Agung Yulianto dan Ahmad Syaikhu. Pemilihan Wagub DKI yang baru bakal mengakhiri masa 'jomblo' Gubernur Anies Baswedan yang sudah dimulai sejak Agustus 2018. - PT Kontak Perkasa

Sumber : detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar