Kamis, 12 Maret 2020

Antisipasi Corona, RI Butuh Berapa Ruang Isolasi? Ini Hitungan Ahli


PT Kontak Perkasa - Pasien yang dinyatakan positif tertular virus corona Covid-19 di Indonesia terus bertambah, bahkan organisasi kesehatan dunia WHO telah menetapkan status pandemi. Ketersediaan ruang isolasi menjadi salah satu sorotan.
Menanggapi kenaikan kasus corona yang terjadi di Indonesia, Ketua Umum Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) dr Ridwan Thaha, MKes, menjelaskan perlunya penambahan ruang isolasi di seluruh rumah sakit di Indonesia.

"Yang sekarang ini kan 130 sekian tapi ada yang rata-rata rumah sakitnya hanya satu ruangan. Ngapain itu? Jadi sebenernya pemerintah harus mempersiapkan karena kan trennya akan naik terus ini kita nggak bisa dihindari. Jadi bukan soal debat lagi ini soal akan sampai di sini atau nggak," tegasnya saat ditemui di Ruang Rapat Komisi IX, Gedung Nusantara 1 DPR/MPR RI Jl. Gatot Subroto, Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (11/3/2020).

Menurutnya hal ini sebagai upaya penanggulangan kasus corona di Indonesia jika suatu saat terjadi lonjakan kasus seperti di Italia.

"Prediksinya sekitar berapa (kasusnya) nanti kita minimal mempersiapkan di atas 5 persen kalau nggak nanti akan terbengkalai, akan banyak loh, pokoknya 5 persen dari prediksi kasus itu harus tersedia," lanjutnya. - PT Kontak Perkasa

Sumber : detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar