Rabu, 26 Februari 2020

Bulan Bebas Kendaraan Usai, Bromo Mulai Dipadati Wisatawan


Kontak Perkasa Futures - Bulan bebas kendaraan atau Car Free Month di area obyek wisata Gunung Bromo akhirnya usai dilaksanakan. Wisatawan mulai memadati kawasan Bromo lagi.

CFM di kaldera Gunung Bromo yang ada di Probolinggo, Jawa Timur diberlakukan mulai 24 Januari hingga 24 Februari 2020. Kini, kendaraan boleh masuk ke kawasan lautan pasir Bromo lagi.
Geliat aktivitas wisatawan di Gunung Bromo pun mulai nampak di beberapa titik obyek wisata setempat.

Kepala Resor Lautan Pasir, Wilayah 1 Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Subur Handoyo, mengatakan saat diberlakukan CFM geliat sektor pariwisata di obyek wisata Gunung Bromo mengalami penurunan. Rata-rata pengunjung yang datang hanya wisatawan domestik.

Penurunan pelancong itu mencapai sekitar 70 - 80 persen, dibandingkan dengan bulan pada biasanya. Selain itu, penurunan wisatawan juga disebabkan oleh bulan "low season".

"Memang ada penurunan kunjungan wisatawan ke Bromo, namun sudah berangsur normal. Pengunjung sudah mulai memadati Bromo," ujar dia.

Sementara itu, pengunjung asal Lampung, Yoga, mengaku senang berlibur di Bromo setelah dicabutnya CFM. Dia bisa melintasi lautan pasir di kaldera Gunung Bromo dengan jeep.

Yoga berlibur ke Bromo bersama teman-teman sekolahnya untuk mengisi liburan.

"Senang liburan di Bromo, udara makin sejuk. Pemandangannya juga masih bagus, keren pokoknya buat foto-foto," ujar Yoga.

CFM di Bromo itu dilakukan untuk memulihkan lingkungan alam Bromo, juga menghormati warga lokal yakni Suku Tengger yang tengah menjalankan ritual "Wulan Kapitu" atau bulan suci. - Kontak Perkasa Futures

Sumber : detik.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar