Kamis, 20 Desember 2018

Aneka Siasat Mendanai Pembangunan Jawa Barat



PT Kontak Perkasa - Dalam 100 hari masa baktinya sebagai Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil telah merilis 16 program unggulan. Hal itu merupakan bagian dari 700 program pembangunan yang akan dilakukan dalam lima tahun ke depan. Dia menargetkan mulai Januari 2019, program-program lainnya akan digenjot secara lebih masif.

"Ini tidak asal launching, sebagian sudah bergerak seperti Jabar Quick Respons, Saber Hoaks, Kredit Mesra, Satu Hafis Satu Desa. Tinggal per Januari nanti kita perbanyak. Tambah 10 desa tiap bulan sehingga dalam lima tahun bisa terwujud semua," kata Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil.

Untuk pembangunan yang bersifat fisik, seperti pembangunan dan perbaikan jalan, jembatan, serta berbagai infrastruktur lainnya kemungkinan besar baru bisa dimulai setelah Maret 2019 karena harus melalui proses tender.

Untuk membiayai berbagai program pembangunan, dia menyebut tak cuma mengandalkan APBD Jawa Barat, tapi juga melibatkan pihak-pihak lain seperti kalangan BUMN dan swasta, baik dalam bentuk CSR maupun investasi bisnis, serta hibah dari jaringan pribadinya di dalam dan luar negeri.


Untuk memoles alun-alun di 27 kabupaten/kota serta objek-objek wisata baru di Jabar, misalnya, dia mendapat bantuan dari 15 tim arsitek. Mereka menghibahkan pemikiran dan kemampuannya mendesain kota secara gratis.

"Saya harus berterima kasih kepada mereka. Jadi, modal pembangunan itu saya hitung ada delapan pintu, tak harus dari APBD. Saya mah dari mana aja yang duluan bisa saya manfaatkan," papar Kang Emil.


Untuk menopang pembangunan di daerah-daerah, dua pekan lalu dia mengganti direksi Bank Jabar-Banten. Orientasi bank ini ke depan juga akan mengubah fokus kredit dari consumer ke membiayai pembangunan daerah.

Benarkah cuma itu di balik penggantian direksi BJB tersebut? Bagaimana pembagian tugas dengan wakilnya, Uu Ruzhanul Ulum? Bagaimana pula dia menyikapi masa depan Uu yang namanya disebut-disebut terkait dengan penyimpangan dana hibah semasa menjadi Bupati Tasik? - PT Kontak Perkasa

Sumber : detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar