Jumat, 14 Desember 2018

Serba-serbi Orang Terkaya RI 2018



PT Kontak Perkasa - Majalah Forbes Indonesia kembali merilis daftar 50 orang terkaya di Indonesia. Nama-nama lama kembali menghiasi daftar ini meski ada beberapa nama yang menjadi pendatang baru.

Enam dari 10 orang terkaya di Indonesia mengalami peningkatan kekayaan dibandingkan tahun lalu. Sementara sisanya mengalami penurunan jumlah harta.

Namun ada beberapa rekor yang dicetak dalam Rich List kali ini. Tahun ini, nilai aset bersih minimum dalam Forbes Indonesia Rich List mencapai $600 juta, naik sebesar $150 juta dari aset minimum tahun 2017 dan merupakan pencapaian tertinggi sejak tahun 2013.

Hartono bersaudara kembali menjadi pemuncak daftar orang terkaya di Indonesia. Tahun ini, total kekayaan Hartono bersaudara tercatat sebesar US$ 35 miliar, di mana sekitar 70% dari total kekayaannya berasal dari Bank Central Asia.

Sementara itu, Susilo Wonowidjojo naik ke posisi dua dengan kekayaan sebesar US$ 9,2 miliar akibat meningkatnya harga saham perusahaan rokok Gudang Garam.

Turun ke peringkat ketiga adalah pendiri Sinar Mas, Eka Tjipta Widjaja, yang tahun ini kekayaannya berkurang sebesar US$ 500 juta menjadi US$ 8,6 miliar. Sri Prakash Lohia naik menjadi orang terkaya keempat dengan total kekayaan sebesar US$ 7,5 miliar seiring dengan peningkatan nilai saham Indorama Ventures, perusahaan petrokimia yang terdaftar di bursa Thailand.

Anthoni Salim turun ke peringkat lima karena kekayaannya turun sebanyak US$ 1,6 miliar menjadi US$ 5,3 miliar.

Berikut daftar 10 besar orang terkaya di Indonesia

1. Budi dan Michael Hartono: US$ 35 miliar setara Rp 507,5 triliun

2. Susilo Wonowidjojo: US$ 9,2 miliar setara Rp 133,4 triliun

3. Eka Tjipta Widjaja: US$ 8,6 miliar Rp 124,7 triliun

4. Sri Prakash Lohia: US$ 7,5 miliar Rp 108,75 triliun

5. Anthoni Salim: US$ 5,3 miliar setara 98,05 triliun

6. Tahir: US$ 4,5 miliar setara Rp 65,2 triliun

7. Chairul Tanjung: US$ 3,5 miliar setara Rp 50,75 triliun

8. Boenjamin Setiawan: US$ 3,2 miliar setara Rp 46,4 triliun

9. Jogi Hendra Atmadja: US$ 3,1 miliar setara Rp 44,9 triliun

10. Prajogo Pangestu: US$ 3 miliar setara Rp 43,5 triliun

*Kurs dihitung: Rp 14.500/dolar AS

Dari daftar Forbes 50 Indonesian Rich List 2018, kategori orang terkaya paling muda di Indonesia ditempati oleh Ciliandra Fangiono, 42 tahun. Lewat bisnis minyak kelapa sawit, Ciliandra mengumpulkan harta sebanyak US$ 1,2 miliar atau setara Rp 17,4 triliun.

Jumlah harta tersebut menempatkannya pada posisi 28 orang terkaya di Indonesia secara keseluruhan tahun ini. Namun angka tersebut menurun dari jumlah hartanya di tahun 2017 yang sebesar US$ 1,4 miliar atau pertama kalinya turun setelah terus naik pada tiga tahun sebelumnya.

Ciliandra Fangiono merupakan CEO First Resources Ltd., perusahaan minyak kelapa sawit yang terdaftar di Singapura dengan perkebunan di seluruh Indonesia.

Sedangkan untuk kategori orang terkaya paling tua ditempati oleh Eka Tjipta Widjaja. Usia pendiri Sinar Mas ini kini 95 tahun.

Jumlah harta Eka Tjipta saat ini mencapai US$ 8,6 miliar atau sekitar Rp 124,7 triliun. Namun jumlah harta Eka tercatat menurun dibanding tahun sebelumnya. Setelah jumlah hartanya terus naik sejak 2015, jumlah hartanya tahun ini turun US$ 500 juta dari tahun 2017.

Adapun daftar 50 orang terkaya di Indonesia tahun 2018 kembali hanya diisi oleh dua orang wanita. Dua orang tersebut adalah Arini Subianto dan Kartini Muljadi.

Arini menempati posisi 44 orang terkaya di Indonesia tahun ini. Lewat bisnis di bidang tambang batu bara dan minyak kelapa sawit, Arini mengumpulkan harta US$ 665 juta atau sekitar Rp 9,6 triliun.

Sementara Kartini Muljadi telah lama mondar-mandir dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Dengan jumlah harta mencapai US$ 610 juta, Kartini (88) menempati posisi 49 orang terkaya di Indonesia tahun ini.

Majalah Forbes mencatat ada peningkatan kekayaan yang signifikan dari orang Indonesia di tahun ini. Total kekayaan 50 orang terkaya di Indonesia tembus US$ 129 miliar.

Berdasarkan keterangan dari Forbes, aset bersih 50 orang terkaya Indonesia mencetak rekor baru. Aset mereka bertambah US$ 3 miliar dibanding tahun lalu menjadi US$ 129 miliar atau setara Rp 1.870,5 triliun.

6 dari 10 orang terkaya di Indonesia mengalami peningkatan kekayaan dibanding tahun lalu. Salah satunya adalah dua bersaudara Budi dan Michael Hartono yang langganan jadi orang terkaya Indonesia selama 10 tahun berturut-turut.

Forbes menyebut, kekayaan mereka naik tahun ini berkat naiknya saham Bank Central Asia. Diketahui keduanya punya saham di Bank Central Asia dan Djarum. 70% kekayannya berasal dari Bank Central Asia.

Namun sejumlah orang terkaya di Indonesia mengalami penurunan kekayaan. Separuh dari daftar nama yang masuk dalam Forbes Indonesia Rich List mengalami penurunan kekayaan karena pelemahan rupiah.

Forbes mencatat, kekayaan mereka turun karena rupiah melemah 5% terhadap dolar AS, dan juga saham yang lesu. Salah satunya adalah Soegiarto Adikoesoemo yang ada di daftar nomor 39.

Berdasarkan keterangan resmi dari Forbes, ada sejumlah pendatang baru dalam daftar 50 orang terkaya Indonesia tahun ini. Nama-nama yang masuk ini kekayaannya naik berkat harga saham perusahaan mereka melonjak.

Danny Nugroho, masuk dalam daftar dan menempati urutan ke 38. kekayaan Danny mencapai US$ 790 juta setelah sahamnya di perusahaan keuangan dan asuransi Capital Finance Indonesia melonjak hampir dua kali lipat.

Selain itu, ada pengembang properti Benny Tjokrosaputro yang kekayaannya mencapai US$ 670 juta. Benny ada di posisi 43 orang terkaya RI berkat IPO dari perusahaan travel Sinergi Megah Internusa pada Juli lalu di Bursa Efek Indonesia. Benny memiliki hampir 84% saham di perusahaan yang juga mengelola Lafayette Boutique Hotel di Yogyakarta, yang bernilai sekitar US$ 225 juta per akhir November.

Pendatang baru lainnya adalah Sabana Prawiradjaja di posisi ke 47 dengan total kekayaan US$ 640 juta. Sabana adalah pendiri Ultrajaya Milk Industry, salah satu produsen produk susu terbesar di Indonesia.

Kemudian Kardja Rahardjo urutan 48 dengan kekayaan US$ 625 juta) pemimpin Pelayaran Tamarin Samudra.

Nama lain yang tak asing adalah Arifin Panigoro. Bos Medco ini kembali masuk ke daftar orang terkaya RI tahun ini di urutan ke 46 dengan total kekayaan US$ 655 juta. - PT Kontak Perkasa

Sumber : detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar