Selasa, 18 Juni 2019

Massa Kawal Sidang MK Bawa Poster Kutipan Yusril soal Pemilu Curang


PT Kontak Perkasa - Massa kawal sidang MK beraksi dengan membawa poster bergambar Ketua tim hukum Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin, Yusril Ihza Mahendra. Poster itu berisi kutipan Yusril soal pemilu curang.

Pantauan detikcom di lokasi, Patung Kuda Arjuna Wiwaha, Jalan Medan Merdeka Barat, Selasa (18/6/2019), seorang peserta aksi tampak membawa poster bergambar Yusril dengan kutipan soal pemilu curang. Di poster itu terdapat tulisan tagar '#SebelumJadiCebong'.

Dalam poster itu, terpampang potret Yusril yang telah diedit. Kutipan Yusril soal pemilu curang disebutkan disampaikan pada 2014. Begini bunyinya:

Hasil pilpres bisa dibatalkan jika ada kecurangan. Jadi bukan persoalan angka. Yusril Ihza Mahendra,15 Agustus 2014.

Ucapan Yusril memang sempat dijadikan bahan materi oleh tim hukum Prabowo-Sandiaga di sidang MK. Tim Prabowo-Sandiaga menyebut MK berwenang membatalkan hasil Pilpres 2019 yang memenangkan Jokowi-Ma'ruf jika terdapat kecurangan secara terstruktur, sistematis, dan masif (TSM).

"Prof. Dr. Yusril Ihza Mahendra menyampaikan yang intinya MK sendiri dalam menjalankan kewenangannya untuk melangkah ke arah yang lebih substansial dalam memeriksa, mengadili, dan memutus sengketa pemilihan umum, khususnya dalam hal ini perselisihan pemilihan umum presiden dan wakil presiden," kata anggota Tim Hukum Prabowo-Sandi, Nasrullah dalam sidang pendahuluan di Gedung MK, Jakarta, Jumat (14/6).

Yusril menyebut kutipan itu sudah tidak relevan. Pernyataannya disebut tahun 2014, sebelum UU 7 Tahun 2017 tentang Pemilu berlaku.

"Jadi waktu itu kita (belum jelas) siapa yang berwenang mengadili perkara-perkara terkait (kecurangan) TSM," ujar Yusril. - PT Kontak Perkasa

Sumber : detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar